Kamis, 29 Januari 2015

PERAN PEMERINTAH DALAM MENGATASI PENGAGGURAN



Dalam hal ini, kita dapat mengartikan pengangguran adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja  yang sedang mencari pekerjaan dan belum mendapatkannya. Pembangunan bangsa Indonesia kedepan sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusia Indonesia yang sehat fisik dan mental serta mempunyai keterampilan dan keahlian kerja, sehingga mampu membangun keluarga yang bersangkutan untuk mempunyai pekerjaan dan penghasilan yang tetap dan layak, sehingga mampu memenuhi kebutuhan hidup, kesehatan dan pendidikan anggota keluarganya.
Di negeri ini, kemiskinan adalah simbol sosial yang nyaris absolut dan tak terpecahkan. Sejak masa kolonial hingga saat ini, predikat negeri miskin seakan sulit lepas dari bangsa yang potensi kandungan kekayaan alamnya terkenal melimpah. Cerita pilu kemiskinan seakan kian lengkap dengan terjadinya berbagai musibah alam dan bencana buatan: seperti gempa bumi, tsunami, lumpur panas Lapindo, dan kebakaran hutan yang diikuti kabut asap. Kantung-kantung kemiskinan di negeri ini kian hari kian menyebar bak virus ganas, mulai dari lapis masyarakat pedesaan, kaum urban perkotaan, penganggur, hingga ke kampung-kampung nelayan.
Pengangguran   sangat   berdampak   pada  kehidupan  perekonomian  dan  kehidupan sosial masyarakat. Pertumbuhan ekonomi yang menurun, dan bahkan tingkat kesejahteraan masyarakat yang menurun  adalah  salah satu dampak pengangguran. Beberapa dampak pengangguran terhadap perekonomian dan kehidupan sosial yaitu :
1.      Menurunkan Aktivitas Perekonomian
Pengangguran  menyebabkan  turunnya  daya  beli  masyarakat.  Daya  beli masyarakat yang menurun menyebabkan turunnya permintaan terhadapbarang dan jasa. Hal  ini mengakibatkan para pengusaha dan investor tidak bergairah melakukan perluasan dan pendirian industri  baru  sehingga aktivitas perekonomian menjadi turun.
2.      Menurunkan Tingkat Keterampilan
Dengan menganggur, tingkat keterampilan seseorang akan menurun.semakin lama menganggur, semakin menurun pula tingkat keterampilan seseorang.
3.      Menurunkan Penerimaan Negara
Orang yang menganggur tidak memiliki penghasilan (pendapatan). Itu berarti  semakin banyak orang yang menganggur, akan semakin turun pula penerimaan Negara  yang  diperoleh dari pajak penghasilan.
  1. Besarnya Angkatan Kerja Tidak Seimbang dengan Kesempatan Kerja
Ketidakseimbangan terjadi apabila jumlah angkatan kerja lebih besar daripada kesempatan kerja yang tersedia..

Solusi untuk Menurunkan Angka Pengangguran
Mengamati dampak yang ditimbulkan oleh meningkatnya jumlah pengangguran, perlu diupayakan solusi yang dapat, sekurang-kurangnya, menurunkan angka pengangguran dalam suatu negara dan memperbaiki perekonomian negara tersebut. Sebagai solusinya adalah:
a.       Pemerintah mendorong dan menyokong majunya pendidikan. Pendidikan yang baik akan menghasilkan manusia-manusia yang berkualitas serta mengadakan atau menyediakan lapangan kerja dan juga keterampilan. Dalam hal ini, pemerintah dapat menjalin kerjasama dengan pihak-pihak swasta dan dengan investor asing
  1. Pemerintah mengubah sistem pendidikan Indonesia dan kurikulum pendidikan, yaitu menerapkan pendidikan berbasiskan entrepreneurship dan bisnis sejak pendidikan tingkat dasar dan pendidikan menengah. Apalagi di era modern ini dan diterapkannya pasar bebas di beberapa kawasan dan bahkan dapat dikatakan sudah mengglobal ini (www.suarawarga.com, 15/5/2012).
  2. Pemerintah menyediakan lembaga-lembaga pembinaan dan pelatihan khusus dan gratis. Ini diperlukan terkhusus untuk mereka yang tidak sempat atau tidak mampu menimba ilmu di sekolah-sekolah formal, sehingga merekapun dapat memiliki keterampilan khusus yang diperlukan. Dengan demikian, mereka memiliki modal (Human Capital) untuk bekerja.
  3. Pemerintah diharapkan Kembali mengintensifkan program keluarga berencana (KB) agar tidak terjadi ledakan penduduk yang memperbesar jurang jumlah antara lapangan pekerjaan dan pencari kerja.
Pengangguran merupakan faktor penting dalam pembangunan nasional baik jangka panjang maupun jangka pendek. Pengangguran harus segera di atasi agar ekonomi indonesia bisa lebih baik dan mampu bersaing dengan luar negeri. Pemerintah diharapakan dapat mengatasi pengangguran dengan menyediakan lapangan pekerjaan atau program-program bina usaha untuk masyarakat kecil.Pengangguran terjadi disebabkan antara lain, yaitu karena jumlah lapangan kerja yang tersedia lebih kecil dari jumlah pencari kerja. Juga kompetensi pencari kerja tidak sesuai dengan pasar kerja. Selain itu juga kurang efektifnya informasi pasar kerja bagi para pencari kerja
Untuk itu pemerintah diharapkan dapat memperkuat ekonomi Indonesia. Namun pemerintah tidak akan bisa menjalankan program – program tersebut jika tanpa adanya kerjasama dengan pihak swasta dan masyarakat.

NAMA : MISNA SURIANSYAH
 NIM : 01113139


Tidak ada komentar:

Posting Komentar