Kamis, 29 Januari 2015

Dampak Insiden Air Asia Terhadap Wisatawan Cina ke Indonesia



Hilangnya pesawat Air Asia QZ8501 pada Ahad (28/12) bisa menjadi ancaman bagi pariwisata negara-negara Asia Tenggara khususnya Indonesia.Agen perjalanan dari Cina ke Indonesia mengatakan pada Selasa (30/12) bahwa banyak wisatawan Cina yang menunda perjalanannya ke Indonesia menyusul hilangnya pesawat QZ8501 tersebut.
Salah satu agen di Kota Wenzhou, Cina mengatakan banyak wisatawan yang membatalkan Air Asia tujuan Bali untuk tahun baru imlek pada Februari mendatang. Meski demikian, salah satu agen bermarga Zhang di Kota Guangzhou mengatakan bahwa tragedi ini hanya berpengaruh terhadap penerbangan maskapai Air Asia, sedangkan untuk penerbangan dengan maskapai lain tidak memiliki pengaruh yang besar.
Windy Ng, seorang manajer pemasaran di Hong Kong percaya bahwa kasus yang menimpa Air Asia hanyalah sebuah kecelakaan dan musibah.Dia tetap yakin dengan sejumlah maskapai lainnya terkait insiden hilangnya pesawat tersebut. "Tapi setelah serangkaian insiden yang menimpa maskapai Malaysia, saya mungkin berpikir dua kali sebelum melakukan pemesanan saya untuk perjalanan berikutnya jika saya memiliki pilihan lain," ujarnya, dilansir Market Watch, Rabu (31/12).
Wisatawan Cina sendiri menjadi aset penting bagi sejumlah negara-negara Asia Tenggara. Yang Jinsong, Peneliti di Akademi Pariwisata Cina memperkirakan wisatawan Cina ke sejumlah negara lain akan melampaui angka 100 juta orang pada 2014 dari tahun sebelumnya 98 juta wisatawan. Ia meyakini pada 2020 nanti, wisatawan Cina yang keluar negeri akan mencapai angka 200 juta.
Menurut Data Konsultan Penerbangan Cina (OAG), pemesanan tiket dari Cina ke Malaysia sendiri naik sekitar lebih dari seperlima dibandingkan dengan 2012 lalu. Sedangkan penerbangan ke Thailand meningkat menjadi 50 persen dari tahun lalu. Namun, tragedi hilangnya pesawat Malaysia Airline dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing dan kekacauan politik di Thailand menyebabkan turunnya pemesanan tiket penerbangan kedua negara tersebut pada Juli lalu.
Dalam beberapa tahun terakhir, negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand dan Malaysia menjadi tujuan favorit wisatawan Cina.sedangkan, Indonesia adalah tujuan favorit diluar kedua negara tersebut. Otoritas Pariwisata Cina mengatakan bahwa sekitar satu juta warganya berkunjung ke Indonesia pada tahun ini.
Angka tersebut melonjak tajam dari sebelumnya yang hanya mencatatkan 40 ribu wisawatan pada 2002 lalu. Namun, insiden hilangnya Pesawat Air Asia QZ8501 diyakini OAG akan memiliki dampak meski tidak terlalu besar atas kunjungan wisatawan Cina ke Indonesia

NAMA: ABD. AZIS
NIM : 01113137

Tidak ada komentar:

Posting Komentar